Makan-makan : Pasar Ah Poong & Taman Budaya Sentul

Bosen ga sih tiap minggu kalo jalan-jalan dan makan-makan mentoknya cuma di mall? Apalagi sejak punya 2 anak, yang mana satunya lagi aktif berat (baca: petakilan), butuh tujuan jalan-jalan yang outdoor, banyak pepohonan, tanah lapang yang luas..pertanyaannya dimanakah tempat semacam itu berada? Februari lalu pertama kali kita dikasitau tentang pasar Ah Poong di Sentul. Inget banget hari itu kantor diliburkan karena Jakarta terkepung banjir besar. Bengong di rumah, kira-kira jam 2-an kita memutuskan untuk mengunjungi Ah Poong. Dari depok, kita tinggal masuk tol cijago, lanjut jagorawi arah bogor dan keluar di exit sentul selatan. 30 menit ajah!

Pasar Ah Poong (supposedly dibaca pasar apung kayanya), ternyata adalah tempat makan serupa foodcourt yang dikelola oleh manajemen eat n’ eat. Yang pernah ke MKG, Kota Kasablanka, atau Gandaria City pasti familiar dengan konsepnya eat n’ eat dimana kita beli kartu berisi senilai uang yang bisa dipake transaksi di konter-konter makanan yang ada di situ. Nah di Ah poong ini sama persis kaya gitu. Bedanya  adalah suasananya dong. Ah poong ini lokasinya semi-outdoor, persis di pinggir sungai. Jadi kita makan sambil ada semilir angin, bunyi air sungai, sekelilingnya masih banyak pohon. Terkesima! Kalo harga makanannya ya sama aja dengan eat n’ eat di mall sih.

IMG_9555 IMG_9553 IMG_9352

IMG_0492

Pertama kali ke sana ngga begitu rame karena bukan wiken. It was a good experience. Nah, berikutnya kita ajak keluarga besar pas kebetulan lagi maen ke Jakarta. Pas di hari sabtu. Ternyata rame bingit!harus pake acara rebutan meja, pas baru order  makanan, udah ada yg nungguin meja kita aja gitu! malesin amat deh. Belom lagi antrian pesen makan yang bikin ilfil, masa beli cakwe 2 potong antriannya 20 nomor. *pinksun*.  Rupanya the news about this place has been everywhere, sampe ada yg dateng pake bis dong. Huwow. Ok, kita pun memutuskan ngga ke Ah poong lagi sampe seluruh umat udah aga bosen mungkin?

Mulailah kita cari-cari info tempat-tempat lain sekitaran jabodetabek. Dapetlah info tentang Taman Budaya Sentul. the name doesn’t really scream fun, but we took a shot. Agak sore, kita nyobain ke sana. Dari depan, taman budaya sentul ini keliatan kecil. Area parkirnya pun ngga menampung banyak mobil tapi di depannya banyak pohon-pohon besar yang rindang. Sejuk dan adem. Sukak!

IMG_1820 IMG_1828

IMG_1813

Ternyata ada beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan di sini, ada tempat belajar dan melukis tembikar/keramik, flying fox, ada playground kecil dan besar, ada tempat berkuda juga. Kalo laper ada 3 tempat makan, kopitiam oey-nya Pak Bondan, Resto Pandan Sari (or Pandan Wangi? i’ll check -_-) dan ada satu foodcourt kecil. Karena ngga pengen makan berat, kita pun milih Kopitiam oey untuk ngupi-ngupi dan mesen jajanan macam singkong goreng sambel roa, risol mayo keju, roti kaya. Oiya, walopun dari luar keliatan kecil, ternyata taman budaya ini dalemnya luasssss, banyak pohon dan ada lapangan yang luas, bisa untuk main layangan, naik kuda, naik becak mini, maen trampolin.

IMG_4203 IMG_1919

Bapak & mama ngopi-ngeteh sambil ngemil, Danish main-main di playground, lari-lari di lapangan. Sofia bobo sore dengan angin semilir adem. Ish, what a luxury.  We cherished that weekend, pasti akan kesini lagi dalam waktu dekat.

IMG_1943 IMG_1939

Untuk lokasi persisnya, Taman Budaya Sentul ini ada di komplek perumahan Bukit Sentul. Jadi dari exit tol sentul selatan, terus aja masuk ke komplek perumahan bukit sentul, nanti ada signage Taman Budaya Sentul.

Jalan menuju Taman Budayanya juga asik, pohon-pohon besar rindang sepanjang jalan. Me likey!

2 thoughts on “Makan-makan : Pasar Ah Poong & Taman Budaya Sentul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s